Sunday, July 26, 2009

message to the heaven #1 and #2

he has gone .. i still can't believe it .. it was the first time i have to met a very bad fact .. beliau yang beberapa tahun terakhir ini selalu disebutkan dalam setiap doa dan dengan keras berjuang untuk bernafas , kini telah pergi untuk selamanya dari kehidupan fana ini .. unbelieveable , mungkin itu kata yang tepat yang menggambarkan apa yang aku rasakan saat pertama kali aku mengetahui kabar duka itu dari adikku .. tidak percaya , aku bertanya kepada kakak sepupuku via yahoo! messenger .. masih tidak percaya , aku kembali melihat papa yang sedang terduduk lemas di sofa ruang keluarga dari atas yang baru saja menelvon entah siapa untuk menanyakan kebenaran berita duka tersebut .. aku baru merasa yakin setelah melihat keadaan papa yang tampak sangat tidak seperti biasa .. aku kembali ke kamar dan mengunci pintu kamarku .. di seberang sana , lawan bicaraku di telvon --shendy-- entah berbicara apa , yang aku tau , tiba-tiba air mata itu jatuh hingga aku tersadar saat adikku mengetuk pintu .. saat ku buka , raut muka seseorang yang baru saja menangis yang aku lihat di depan pintu .. akhirnya aku tutup kembali pintu itu dengan alasan akan bersiap-siap pergi meninggalkan bandung untuk menuju rumah duka .. a great thankful for shendy yang uda dtg ke rumah buat ngambil tugasku yang harus dikumpulkan hari jumat .. sekarang aku sudah berada di rumah duka ini , linglung .. jika memang ini yang terbaik untuk beliau , maka berikanlah tempat yang terbaik untuk beliau di sisiMu , ya ALLAH .. sekitar pukul setengah tujuh beliau serta keluargaku yang lain tiba di rumah duka .. sebelumnya aku sempat tertidur sebentar sesaat setelah aku menulis catatan kecilku yang pertama .. feels like i have just close my eyes and then i have to open my eyes in the same time .. aku merapikan jilbab yang kukenakan lalu aku duduk di ruang makan .. tidak lama kemudian mobil jenazah beserta iringan-iringannya tiba , kami yang berada di dalam bergegas keluar untuk menyambut kedatangan beliau .. aku berada di depan pintu bersama adik-adik sepupuku .. aku menyaksikan bagaimana adik-adik sepupuku yang masih di bawah umur menangis haru melihat kedatangan beliau .. tak tega rasanya melihat mereka menitikkan air mata haru seperti itu sedangkan aku masih terdiam di depan pintu .. ketika mobil yang membawa beliau terbuka dan aku melihat nenekku , aku mulai merasa kesulitan menahan air mata .. apalagi ketika kain yang membalut tubuh beliau dibuka di bagian wajahnya , aku bahkan tidak sanggup untuk menatapnya .. namun , itu adalah kesempatan terakhirku untuk melihat beliau dan akhirnya kuberanikan diri walau efeknya aku tidak dapat menahan air mata .. seisi rumah menangis haru atas kepulangan beliau .. aku bersama adikku serta sepupuku membacakan yasin untuk beliau .. selesai membacakan yasin aku kembali ke kamar , terasa pusing dan berat mata .. dan ketika aku mulai terjaga , aku kembali harus membuka mataku karena perutku belum diisi apa-apa .. hingga waktu dzuhur pun tiba , aku kembali ke ruang tengah dimana disana beliau sedang terbujur kaku tak bernyawa lagi .. hingga akhirnya penutup keranda pun dibawa masuk , dan untuk yang terakhir kalinya kain itu dibuka di bagian wajahnya .. kembali ku dengar tangisan haru yang sangat menyayat hati .. kemudian keranda itu diangkat untuk diantarkan ke masjid untuk disolatkan kemudian ke tempat peristirahatan terakhir beliau .. tangis haru kembali pecah saat beliau diletakkan di tempat peristirahatan terakhirnya hingga menjadi satu tempat peristirahatan terakhir yang utuh .. kami panjatkan doa untuk beliau , lalu kami kembali ke rumah duka .. well , hanya tulisan ini yang dapat aku persembahkan untuk beliau di surga .. semoga malaikat membacakannya kepada beliau .. hanya catatan kecil ini yang dapat berbicara saat ini , karena bibir ini benar-benar terkunci hingga tak dapat berkata apa-apa .. ya allah terimalah beliau di sisi-Mu .. terimalah semua amal ibadah beliau selama di dunia .. good bye , granpa .. eventhough u wasn't here anymore , u always still alive in our heart .. one thing i know , u want one of your grandchild be a doctor .. for my sister and my cousins , study hard okey .. make our granpa proud in heaven :)

No comments:

Post a Comment